Bagus Mana Chipset Mediatek Dan Qualcomm Snapdragon Untuk Smartphone?

Dewasa ini, perkembangan smartphone semakin pesat saja. Berbagai tipe smartphone dengan beberapa fitur baru di produksi, yang dapat menjadi salah satu pilihan untuk memperbaharui jenis smartphone anda. Tentu, dalam memilih smartphone, anda harus jeli melihat beberapa spesifikasi yang di tawarkan. Salah satu hal yang di perhatikan adalah chipset, yang akan mempengaruhi kinerja smartphone. Saat ini ada 2 perusahan pembuat chipset yang banyak di adopsi oleh vendor ponsel pintar yakni Qualcomm dan Mediatek. Nah, kita akan berbicara mengenai bagus mana chipset Mediatek dan Qualcomm SnapDragon? Ada beberapa poin terkait hal tersebut yang harus kita ketahui. Berikut perbedaan dari kedua chipset ini.

Bagus Mana Chipset Mediatek Dan Qualcomm Snapdragon

Bagus Mana Chipset Mediatek Dan Qualcomm Snapdragon Untuk Smartphone - TeknoGrezz

Perbandingan GPU

Hal pertama yang harus kita lihat mengenai perbandingan Chipset Mediatek dan Qualcomm SnapDragon adalah perbandingan GPU. GPU ini merupakan chip yang menjadi pusat kinerja grafis pada perangkat android kita. Chipeset ini sama dengan VGA yang kita punya di perangkat laptop kita. Berbicara tentang GPU, setiap chipset memiliki kelebihan dan kekurangan. Di sini, Qualcomm memang lebih unggul dalam segi grafis. Akan tetapi chipset ini memakan RAM lebih banyak. Sebagaimana kita tahu, RAM juga memiliki control terhadap akses smartphone.

RAM yang terbatas tentu akan menyebabkan ponsel android menjadi lola dan mobilitas anda akan terganggu. Nah, di sini chipset mediate lebih unggul. Untuk perkara grafis, Mediatek memiliki grafis yang setingkat di bawah Qualcomm, akan tetapi, chipset Mediatek memerlukan konsumsi RAM yang lebih sedikit daripada Qualcomm. Tentu, ini dapat menjadi salah satu pertimbangan. Jika anda ingin perangkat android anda bekerja lebih maksimal dan lancar, maka Mediatek – dengan grafis yang lumayan, dapat menjadi alternative anda dalam perbandingan Chipset Mediatek dan Qualcomm SnapDragon.

Perbandingan processor

Hal yang tidak kalah penting untuk di simak adalah mengenai processor. Processor ini merupakan salah satu hal yang penting yang akan memperngaruhi kinerja android anda. Tentu orang akan bertanya bagus mana chipset Mediatek dan Qualcomm SnapDragon. Nah, untuk urusan processor, sepertinya Qualcomm memang lebih unggul daripada Mediatek. Sebagaimana kita ketahui, processor akan mempengaruhi speed access dari masing-masing smartphone.

Jika melihat produk terbaru dari keduanya Mediatek terus mengembangkan prosesor dengan inti banyak yang terbaru adalah Mediatek MT6797 Helio X20 dengan CPU 10 inti (2×2.3GHz Cortex-A72, 4×1.9GHz Cortex-A53, 4×1.4GHz Cortex-A53) yang di gunakan oleh Meizu MX6. Tapi anda jangan terlena dengan jumlah inti atau core yang banyak karena prosesor berinti banyak cenderung lebih boros daya atau baterai.

Berbeda dengan Mediatek, Qualcomm lebih mengejar kecepatan dari pada memperbanyak jumlah inti, jadi chipset besutan Qualcom ini tetap wuzz tanpa harus berinti banyak.  Seperti smartphone flagship samsung terbaru Samsung Galaxy S7 yang menggunakan Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Quad-core alias 4 inti yang mampu berlari 2×2.15 GHz dan 2×1.6 GHz dengan arsitekture Arm Kryo.

Perbandingan kamera dan video

Melihat perbandingan kamera dan video tentu menjadi salah satu aspek yang penting ketika membandingkan Chipset Mediatek dan Qualcomm SnapDragon. Di sini, Qualcomm lebih mengejar berbagai macam teknologi baru, seperti jaringan LTE atau 4G, video recording dan sensor kamera yang lebih besar. Efeknya, ponsel dengan chipset Qualcomm memiliki kualitas yang tinggi dan siap di gunakan untuk berbagai macam kepentingan. Tentu, hal ini wajar bila processor Qualcomm memiliki harga yang tinggi untuk setiap produk yang di garap.

Hal sedikit berbeda di besut oleh chipset Mediatek. Chipset ini cenderung lebih kalem dalam menghadapi beberapa inovasi dalam smartphone. Hal ini tidak berarti chipset Mediatek ketinggalan jaman dalam menghadirkan smartphone berteknologi baru. Tentu, chipset Mediatek ingin menghadirkan smartphone yang tetap elegan dan berteknologi dengan harga yang relative terjangkau. Untuk urusan kamera dan video, sekali lagi, Qualcomm memenangkan perbandingan. Tentu, anda dapat melihat secara lebih detail fitur yang di tawarkan.

Deskripsi: bagus mana chipset Mediatek dan Qualcomm SnapDragon? keduanya memliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Tapi harus di akui jika Qualcomm lebih unggul dari segi teknologi karena Qualcomm terus menghadirkan berbagai inovasi teknologi terbaru tapi dengan harga lebih mahal, akan tetapi bukan berarti Mediatek jelek Mediatek dengan menawarkan harga yang lebih murah.

Baca juga : Kelebihan UFS, Kartu Memori Eksternal Pengganti MicroSD