Cara Melakukan Hard Reset Smartphone Android Yang Wajib Kamu Tahu

Terkadang, kita mendapati smartphone android kita bermasalah dan harus melakukan reset ulang. Tentu, reset ulang ponsel merupakan salah satu langkah terakhir yang di gunakan untuk mengembalikan ponsel pada settingan pabrik. Di sini, kita akan membahas mengenai cara melakukan Hard Reset smartphone android yang wajib kamu tahu. Tentu, dengan mengetahui cara melakukan Hard Reset smartphone android, kamu dapat melakukan reset sendiri di rumah. Sangat menarik bukan? Mari simak beberapa langkah terkait di bawah ini.

Cara Melakukan Hard Reset Smartphone Android

Cara Melakukan Hard Reset Smartphone Android - TeknoGrezz

Masuk recovery mode

Hal pertama yang harus anda lakukan di sini adalah masuk recovery mode. Ini adalah langkah awal untuk masuk ke dalam system android sebelum anda melakukan reset ponsel. Nah, beberapa ponsel memiliki cara tersendiri untuk masuk ke dalam recovery mode. Biasanya, kamu harus menekan beberapa tombol ponsel secara bersamaan, seperti tombol volume up + home + dan power secara bersamaan. Akan tetapi, sebaiknya anda browsing dulu cara masuk ke recovery mode sesuai ponsel anda masing-masing karena kombinasi tombol setiap merk ponsel seperti Samsung, Asus, Oppo, Xiaomi, LG, Lenovo, Vivo, Coolpad, Advan, Huawei, Meizu, Polytron, Evercoss dll berbeda beda.

Kamu akan melihat beberapa tulisan dalam recovery mode. Umumya, layar sentuh tidak akan berfungsi di sini. Untuk melakukan control, anda dapat menggunakan tombol volume up dan down. Nah, di dalam menu recovery mode ini, anda harus melakukan wipe data atau factory reset. Hal yang perlu di ingat pada keadaan ini adalah pastikan bahwa ponsel anda memiliki daya baterai minimal 70%. Hal ini penting karena proses dalam melakukan Hard Reset smartphone Android ini memerlukan daya yang cukup banyak. Selain itu, baterai yang cukup akan membuat ponsel terasa lebih stabil ketika digunakan.

Factory reset

Anda tidak perlu bingung bagaimana cara untuk melakukan factory reset. Ini memang merupakan salah satu cara melakukan hard reset smartphone android yang wajib kamu tahu. Nah, di sini, terdapat tulisan factory reset atau wipe data di tampilan recovery menu di layar ponsel anda. Anda hanya perlu memilih menu tersebut dengan mengarahkan kursor menggunakan volume up atau down. Setelah itu, untuk memulai factory reset, tekan tombol home. Factory reset akan memerlukan beberapa waktu dan kamu harus bersabar. Pastikan ponsel tetap menyala selama proses factory reset sedang berlangsung.

Nah, ketika sudah selesai, maka ponsel kamu akan melakukan reboot secara otomatis. Kamu harus bersabar dan menunggu hingga proses reboot selesai. Begitu ponsel kamu menyala lagi, segera cek kondisi ponsel kamu. Yang paling mudah adalah dengan mengecek memori internal ponsel. Jika ponsel lebih lega, maka bisa di pastikan bahwa Hard Reset Smartphone Android yang kamu lakukan sudah berhasil. Perlu di ketahui, bahwa ketika melakukan factory reset, berarti seluruh data ponsel kamu akan hilang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan back up terlebih dahulu untuk mengamankan data yang tergolong penting.

Seperti yang sudah kami sampaikan, ada beberapa cara melakukan hard reset smartphone android yang wajib kamu tahu. Ini merupakan salah satu solusi final untuk mengatasi berbagai masalah di dalam ponsel android kamu. Akan tetapi, kamu harus menyadari bahwa terkadang hard reset juga dapat gagal. Oleh karena itu, jika kamu kurang percaya diri, maka sebaiknya kamu menyuruh orang yang lebih berpengalaman saja. Jangan sungkan untuk bertanya kepada para ahli. Nah, demikian beberapa hal yang wajib kamu ketahui untuk menjaga performa android kamu agar tetap prima!

Deskripsi: Cara melakukan hard reset smartphone android yang wajib kamu tahu cukup mudah. Cukup masuk ke recovery file lalu lakukan factory reset sesuai petunjuk.

Baca juga : Cara melakukan backup data smartphone Android