Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error Cepat Dan Mudah

Saat Anda memiliki smartphone pasti ada kalanya muncul beberapa kerusakan-kerusakan kecil atau error yang tidak ketahui penyebabnya oleh karena itu hadir cara mengatasi aplikasi android yang error yang mudah yang dapat Anda lakukan sehingga Anda mampu memperbaiki sendiri smartphone Anda. Berikut TeknoGrezz berikan tips seputar mengatasi aplikasi error, tidak dapat di buka atau sering crash.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error Cepat Dan Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Error - TeknoGrezz

Sebab-sebab Smartphone tidak dapat bekerja dengan baik

Ada beberapa penyebab tertentu mengapa smartphone Anda tidak mampu berjalan dengan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, ada beberapa penyebab smartphone error yang dapat Anda kenali. Biasanya handphone mulai error ketika ia telah menunjukkan pesan semacam ‘unfortunatelly force close’ dan sejenisnya. Saat muncul hal seperti ini maka jangan panik. Coba langkah-langkah seperti menghapus chache file yang ada di dalam handphone. Selain itu hapus juga memori Android yang tidak perlu.

Sebab lain mengapa aplikasi tidak bisa dibuka bisa karena data aplikasi tersebut telah corrupt atau bisa juga karena konektivitas Anda yang lemah atau terputus secara tiba-tiba. Operasi sistem yang telah tua juga mempengaruhi sistem kerja smartphone Anda. Adanya perangkat keras yang rusak dalam handphone Anda hingga adanya kemungkinan handphone Anda telah di-root atau telah dimodifikasi sebelumnya. Nah bila Anda menemukan sebab-sebab seperti ini maka Anda dapat memilih cara mengatasinya dengan tepat.

Langkah Mudah Mengatasi Smartphone yang Error

Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Error tidaklah sulit apabila Anda telah mendapati beberapa penyebab tertentu mengapa handhone tersebut error. Langkah mudah pertama dapat dilakukan dengan cara membersihkan seluruh memori sampah yang tidak perlu yang ada di dalam smartphone Anda. Caranya adalah dengan membuka setting lalu aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan lalu lakukan clear data ataupun force stop. Dengan melakukan pembersihan secara rutin Anda dapat menghindari terjadi kerusakan yang tidak perlu.

Selain itu, pastikan Anda telah meningkatkan versi sistem operasi Anda jika memang telah saatnya untuk diganti. Apabila versi terbaru telah muncul maka ada baiknya bila Anda segera mengganti versi yang lama dengan yang baru. Versi yang baru tentu lebih kompatibel dan telah diupgrade sehingga akan mampu menjalankan aplikasi dengan lebih baik. Selain mengganti sistem operasi, Anda dapat juga me-reboot smartphone Anda dengan cara dimatikan. Setelah itu lepaskanlah baterai beserta dengan SIM card dan SD card.

Biarkanlah smartphone Anda mati dan tidak beroperasi selama beberapa puluh detik setelah baru kemudian Anda pasang kembali. Setelah handphone kembali aktif, Anda dapat segera mencari aplikasi yang sebelumnya sulit untuk dibuka dan cobalah untuk membukanya kembali. Jika Aplikasi sudah dapat dibuka dan berjalan dengan lancar maka masalah Anda sudah terpecahkan. Apabila tidak segera menyala, Anda dapat mencoba menggunakan bantuan koneksi internet. Pastikan koneksi yang terpasang memiliki jaringan yang kuat sehingga ada baiknya bila Anda menggunakan jaringan Wi-Fi yang umumnya lebih kuat dan lebih stabil.

Setelah itu hidupkan location service yang terdapat pada setting smartphone Anda. Hal ini karena ada kalanya aplikasi tidak akan bekerja jika Anda tidak menghidupkan lokasi Anda. Cara lainnya adalah dengan melakukan penginsatalan ulang. Caranya dengan membuka setting lalu menuju application manager dan klik tanda uninstall. Umumnya Anda memerlukan penginstalan ulang apabila aplikasi yang Anda gunakan adalah aplikasi palsu atau bajakan sehingga justru menganggu kelancaran smartphone Anda. Untuk itu, pastikan semua pencegahan telah Anda lakukan.

Tentunya smartphone yang Anda miliki tidak akan mendapat masalah dengan mudah apabila Anda dapat memeliharanya dengan baik. Apabila jika memang perangkat telepon Anda rusak dan mengalami masalah maka pastikan untuk panik terlebih dahulu dan sebaliknya melakukan beberapa cara Mengatasi Aplikasi Android yang Error ini terlebih dahulu. Jika masih belum bisa diperbaiki maka tidak ada jalan lain selain membawanya ke customer service resmi smartphone Anda.

Deskripsi: Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Error tidaklah sulit jika Anda telah mengetahui cara mengatasi masalah atau penyebabnya sebelum membawanya ke customer service.

Baca juga : Virus paling berbahaya yang menyerang smartphone android