Tips Cara Menambah Memori Internal Pada Smartphone Android

Cara Menambah Memori Internal Pada Smartphone Android – Sebenarnya, memori internal tentu saja tersedia ketika kita membeli android dengan tipe dan merk apapun. Permasalahan yang muncul adalah memori internal tersebut sangat kecil. Kita memang bisa memindah beberapa aplikasi ke memori eksternal, akan tetapi memori internal akan di gunakan untuk space download dan beberapa aplikasi bawaan. Seringkali, memori internal yang tersedia hanya 4GB dan itupun belum terpotong oleh system bawaan android. Tentu cukup ironis bukan? Oleh karena itu, terkadang kita harus menambah memori internal pada smartphone android.

Tips Cara Menambah Memori Internal Pada Smartphone Android

Tips Cara Menambah Memori Internal Pada Smartphone Android - Teknogrezz

Aplikasi Link2SD

Tentu, kita harus kreatif untuk mengatasi masalah memori internal tersebut. Salah satu cara yang dapat kita gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi Link2SD. Ini merupakan salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan dalam tips menambah memori internal smartphone android. Tentu, setiap pengguna android dapat mendapatkan aplikasi ini secara gratis karena memang sudah di sediakan oleh Google Playstore. Para ahli mengatakan bahwa aplikasi ini dapat menambah memori internal dengan cukup mudah dan efisien.

Akan tetapi, tentu harus kita ingat bahwa setiap aplikasi di Google Playstore tersedia dengan beberapa system requirement yang berbeda-beda, termasuk aplikasi Link2SD yang di gunakan untuk menambah memori internal pada Smartphone kita. Untuk itu, baca detail dari aplikasi ini terlebih dahulu dan cek spesifikasi android anda masing-masing, apakah dengan spesifikasi yang anda punyai, anda dapat mendownload aplikasi tersebut. Ketika spesifikasi anda memungkinkan, maka anda tinggal mendownload saja aplikasi tersebut dengan mudah.

Cara menambah memori internal

Untuk menambah memori internal, anda perlu mempersiapkan beberapa perangkat terlebih dahulu, seperti computer atau laptop, software mini tool partition, SD card dengan ukuran 8 GB atau lebih, aplikasi link2SD dan ponsel android yang sudah ter-root. Tentu, anda harus melakukan root terlebih dahulu karena link2SD membutuhkan akses tersebut. Setelah itu, anda perlu melakukan partisi dengan menggunakan mini tool partition dan SD card yang anda siapkan tadi. Ada beberapa hal yang harus anda partisi, seperti FAT 32 dan EXT 4. Cara melakukannya cukup mengikuti petunjuk aplikasi.

Nah, setelah itu, kita beralih ke link2SD. Di sini, untuk menambah memori internal pada smartphone android, anda perlu menginstall aplikasi tersebut di android anda. Setelah aplikasi link2SD terinstall, pilih EXT4. Reboot ponsel android anda. Setelah reboot, segera cek status memori anda. Cara yang anda lakukan akan benar ketika status memori anda telah “mounted”. Lalu, bagaimana jika gagal? Jika anda tidak berhasil, maka anda dapat mencoba mengganti EXT4 menjadi EXT2 atau EXT3.

Nah, kita dapat melihat bahwa sebenarnya kita dapat mensiasati memori internal android kita yang kurang. Tentu, dari cara menambah memori internal pada smartphone android, kita harus melakukannya berurutan. Akan tetapi, jika kita merasa tidak percaya diri untuk melakukannya, maka sebaiknya kita meminta bantuan master untuk menambah memori internal.

Deskripsi: Tips Cara Menambah Memori Internal Pada Smartphone Android akan memberikan ruang yang lebih ketika anda hendak mendownload beberapa aplikasi baru di ponsel android anda.

Baca juga : 5 Aplikasi Pencari Smartphone Yang Hilang