7 Virus Paling Berbahaya Menyerang Android Smartphone

Virus menjadi momok yang sangat menakutkan di era teknologisasi saat ini, selain menyerang komputer sebagai target utama. Para pembuat program jahat ini juga sudah mulai mengeploitasi sistem operasi untuk mobile saperti Android dan IOS. Akibat yang terjadi jika smartphone android kamu bermacam macam seperti restart terus terusan, menghapus dan mencuri data data dalam ponsel kamu dll. Berikut TeknoGrezz berikan info 7 virus android paling berbahaya agar kita semua waspada terhadap dampak merugikan dari virus virus ini.

7 Virus Android Paling Berbahayavirus android paling berbahaya - TeknoGrezz

1. Droiddream

Salah satu dari 7 jenis virus paing berbahaya yang sering menyerang smartphone android kamu yang pertama adalah droiddream dimana virus ini menyerang handphone kamu melalui aplikasi game. Virus ini mampu mengontrol system android kamu dari jarak yang jauh dan bisa mengambil data-data dalam smartphonemu. Untuk menghindari virus ini sebaiknya jangan lakukan asal download game sembarangan dari beberapa situs illegal selain dari googleplay.

2. Stagefright

Stagefright merupakan virus malware yang sudah merugikan hampir 1 milyar user smartphone di dunia. Pasalnya virus yang sering menyerang android ini mampu mengakses data system secara diam-diam tanpa sepengetahuan pemiliknya dan memiliki dampak buruk dimana data tersebut diakses serta digunakan oleh pihak ketiga untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Virus ini bekerja dengan cara menanamkan bug yang akan menyebarkan malware ke seluruh file multimedia pada smartphone kamu.

3. Cyber Police

Virus yang satu ini menyerang smartphone kamu dengan mengunci data-data android melalui PopUp yang akan terus muncul tanpa henti dan membuat handphone tidak bisa lagi digunakan. Virus android berbahaya ini biasanya melekat pada situs-situs illegal yang memang tidak disarankan untuk dikunjungi namun jika kamu nekat mengunjunginya bersiaplah untuk kehilangan berbagai file dalam smartphone. Untuk menghindarinya sebaiknya hentikan berkunjung ke situs-situs illegal agar tidak merusak system android kamu.

4. Engriks

Engriks menjadi salah satu diantara 7 jenis virus yang sering menyerang smartphone android kamu dengan cara kerja yang sama seperti cyber police. Virus yang hadir melalui situs illegal dengan notifikasi aneh yang muncul yaitu unfortunately measure has stop secara terus menerus dan membuat handphone tidak bisa digunakan lagi. Jika smartphone android kamu sudah terinveksi virus ini satu-satunya cara untuk membuang virus ini dengan melakukan flash ulang system androidmu.

5. Shedun dan ShiftBug

Virus ini tercatat sangat berbahaya karena akan membuat smartphone android kamu menjadi tidak bisa dipoerasikan lagi dengan cara apapun kecuali membeli baru. Virus ini bekerja melalui app store dari pihak ketiga yang jika sudah terinstal maka akan menanamkan malware ke dalam system-level service sehingga smartphone kamu akan ter-root sendiri dan virus menyerang berbagai aplikasi yang terkenal seperti facebook, snapchat, twitter dan sebagainya. Hal ini akan sangat merugikan pengguna smartphone karena akan kehilangan banyak file dan juga document pada aplikasi.

6. Drsheep

Drsheep merupakan jenis virus yang akan membajak akun social media kamu seperti facebook dan sebangsanya. Sudah terdapat banyak pengguna android yang terbajak dari virus yang datang melalui aplikasi dan menyerang seluruh data dari akun social media kita. Bahayanya akun kita bisa disalahgunakan untuk kepentingan-kepentingan pihak ketiga. Oleh karena itu, hindari melakukan download aplikasi yang tidak begitu penting, protect semua akun social media kamu dengan system keamanan yang tersedia.

7. Obad

Jenis virus yang sering menyerang smartphone android kamu yang terakhir adalah obad. Virus ini adalah virus progam yang paling jahat hingga perusahaan antivirus terbesar seperti kaspersky saja kuwalahan dalam menanganinya sampai sekarang yang belum begitu sempurna mampu memberantas virus ini. Virus obad dianggap merugikan berbagai kalangan karena menyerang provider smartphone dengan menggerogoti pulsa dan membuat smartphone sering terjadi hang secara tiba-tiba. Virus ini mulai menyerang saat kita mengikuti arahan dari web untuk mendownload aplikasi tertentu.

Deskripsi : Virus android paling berbahaya yang sering menyerang smartphone android kamu biasanya muncul melalui situs atau aplikasi illegal yang akan menyerang system android dan mengambil alih file-file milik kita.

Baca juga : 3 Emulator Android Ringan Terbaik untuk PC